Monday, October 13, 2014

Urbanisasi Perlu Dimaknai Secara Bijak

Arus perpindahan penduduk dari desa ke kota saat pasca lebaran biasanya menjadi pemandangan menarik di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan dan lainnya. Banyak yang menilai urbanisasi dari desa ke kota besar seringkali berdampak negatif, seperti meningkatnya pengangguran dan kriminalitas.

Menurut Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip Dr Asnawi Manaf ST, Urbanisasi bukan sekedar perpindahan (migrasi) penduduk dari desa ke kota, tetapi merupakan sebuah perubahan (transformasi) pola hidup dari desa menuju kota.

Pria yang juga ketua Bidang Penataan Kota dan Pemberdayaan Masyarakat Urban Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Tengah itu mengatakan urbanisasi adalah suatu keniscayaan. Bahkan suatu kebutuhan. Oleh karena itu menurut Asnawi untuk mencegah lonjakan perpindahan penduduk dari desa ke kota seperti yang terjadi usai lebaran saat ini, tidak lain adalah menciptakan lapangan kerja di desa.

Kebijakan pembangunan desa seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri perdesaan yang selama ini dilakukan oleh pemerintah sebenarnya cukup efektif untuk mencegah melonjaknya jumlah penduduk yang melakukan perpindahan dari desa ke kota atau urbanisasi yang saat ini meningkat tajam.

0 Comments:

Post a Comment